Page Rank atau Alexa Rank yang Terpenting Pada Blog

Kalau membicarakan tentang blog sering muncul pertanyaan "berapa page rank atau alexa rank kamu?". Pertanyaan tersebut sangatlah wajar, karena seakan-akan blog tidak dapat dipisahkan dari page rank atau alexa rank. Alexa rank merupakan rangking trafik blog yang diberikan oleh alexa.com dinilai dari banyak pengunjung dan banyak halaman blog yang dilihat. Sedangkan page rank merupakan ukuran kepopuleran blog yang dinilai dari kualitas isi blog yang diberikan oleh geogle.


Suatu ketika saat saya berbincang-bincang dengan teman saya mengenai blog timbul sebuah pertanyaan dari saya yaitu "lebih penting mana ya, page rank atau alexa rank?". Teman saya menjawab lebih penting page rank dengan alasan sebagai berikut:

1. Karena mendapatkan page rank cukup sulit
2. Karena berpengaruh pada rangking search engine geogle
3. Karena page rank ditinjau dari kepopuleran dan kualitasnya sehingga bisa dinilai blog tersebut baik

Ketika teman saya selesai menyampaikan pernyataannya bahwa page rank lebih penting dari alexa rank saya cukup meyakini pernyataan tersebut.

Seiring berjalannya waktu saya banyak mengamati atau blogwalking kebeberapa blog orang dan melihat berapa page rank dan alexa rank blog mereka dengan menggunakan web popuri.us, dan saya mengemukakan pendapat yang berbeda bahwa pada blog lebih penting alexa rank dibanding page rank dengan alasan sebagai berikut:

1. Semakin baik rangking alexa atau di bawah 50.000, maka semakin banyak pengiklan yang
    memasang iklan pada blog kita.
2. Semakin aktif blogger berinteraksi dengan blogger lain, maka semakin baik peringkat alexa nya.
    Misalnya, saat saya mengamati blog orang lain dan melihat page rank nya 3, tapi postingan
    terakhirnya setahun lalu menurut saya belum bisa dikatakan blog tersebut berkualitas baik.

Namun hal tersebut saya pikir-pikir hal tersebut belum bisa menentukan mana yang lebih penting page rank atau alexa rank, tapi bisa dibilang kedua-dua nya sama-sama penting. Karena saling keterkaitan fungsinya, dimana page rank sebagai peninjau blog dalam ranking search engine geogle untuk memudahkan pengunjung mencari blog anda dengan begitu alexa rank anda meningkat, dan sebaliknya alexa rank sebagai peninjau peringkat blog anda dengan banyaknya pengunjung untuk melihat blog anda sehingga meningkatkan page rank anda. Oleh karena itu kedua hal tersebut sama-sama penting dan harus ditingkatkan demi kualitas mutu blog anda. Akan tetapi bagaimana dengan pendapat anda lebih penting page rank atau alexa rank?

9 komentar:

  1. anasmcguire mengatakan...:

    Alexa dan PR berapapun asalkan ada pengunjung yang baca, aku udah senang. Aku gak pernah minta muluk-muluk.. :D Ya coz aku seorang blogger sosial..

  1. al kahfi mengatakan...:

    hmm,, bener sob alexa sy slalu berubah2 sesuai jumlah pengunjung yg masuk ,, tp kalo page rank sy dr hari ke hati segitu2 sj,, tdk bergerak2

  1. saryadi nilan mengatakan...:

    dari dulu Alexa Rank daku gak pernah naik,malah kadang ilang,love,peace and gaul.

  1. Unknown mengatakan...:

    ow gtu ya, makasih buat infonya., bersabar dan selalu merawat blog dengan baik aja deh

  1. socafahreza's blog mengatakan...:

    yang penting kita tetep ngeblog..
    info yang bagus :)

  1. Erwin Obm mengatakan...:

    @anas: wah klw gtu PRx krim k q ja mas.. :D
    @al kahfi: y alhamdulillah gak brgerak.. drpada makin turun ya eman..
    @sarya: wah berarti tu ada something2 tu.. :D
    @Qiswi: ya sma2..
    @soca: wah klw blog sering org jga prhatikan ini..

  1. Tirta Darmantio mengatakan...:

    absenn,, yg penting tetap ngeblog dan BW ajja deh,, tapi postingan y manfaat bgt trimms O_O mampir2 ya ke http://tirtadarmantio.com

  1. Erwin Obm mengatakan...:

    @tirta: oke2..
    :D:D

  1. Unknown mengatakan...:

    alexa traffic rank memang lebih dinamis, tetapi keduanya menjadi penting sebagai indikator untuk menilai kualitas sebuah blog khususnya bagi para advertiser yang ingin mengajukan penawaran iklan.

Posting Komentar